Tebengan Blog

4 Cara Mengatasi Pegal Selama Perjalanan Jauh

Pada kenyataannya, setiap orang pernah mengalami pegal - pegal ketika perjalanan jauh. Tapi ingat, duduk dalam posisi yang sama dalam waktu. Perjalanan jauh saat berkendara tentunya sangat melelahkan. Apalagi bila jalanan sedang dalam keadaan macet yang tidak bisa diprediksi kapan berakhirnya. Tak heran berada dalam kendaraan berjam-jam membuat badan terasa pegal dan lelah. Kenyamanan dalam kendaraan pastinya harus kamu persiapkan agar badan tetap fit selama perjalanan. Berikut beberapa tips untuk mencegah badan pegal saat bepergian jauh.

  • Pilih pakaian yang nyaman

Jangan gunakan pakaian yang terlalu ketat dengan bahan yang tidak nyaman saat sedang melakukan perjalanan jauh. Gunakanlah pakaian dengan bahan katun atau wool yang bersifat menyerap keringat. Pastikan baju yang Kamu kenakan cukup     longgar sehingga tubuh dapat bergerak dengan leluasa.

  • Carilah hiburan selama perjalanan

cara ini memang lebih mudah dilakukan saat membawa kendaraan sendiri. Saat macet cobalah keluar mobil sejenak untuk berjalan-jalan di sekitar. Kamu bisa merenggangkan otot agar tidak kaku. Bila naik kendaraan umum sepert bus kamu bisa memanfaatkan jalan-jalan saat berhenti di tempat peristirahatan.

  • Temukan posisi duduk yang membuat nyaman

Penting bagi kamu untuk menemukan posisi duduk yang nyaman. Apalagi jika perjalanan yang ditempuh, memakan waktu lebih dari berjam - jam. Apapun sarana transportasi yang kamu pilih, sesuaikan sandaran kursi agar posisi dudukmu lebih santai dan setengah tiduran. Bila memungkinkan, hindari sarana transportasi yang membuatmu duduk berhimpitan dalam waktu lama. Kamu juga bisa lho, menambahkan bantal leher agar terhindar dari nyeri otot leher. Segera perbaiki posisi tubuh jika kamu tidak sengaja tertidur dalam keadaan setengah membungkuk atau badan miring ke samping. Atur posisi duduk senyaman mungkin terutama saat perjalanan jauh. Ganti posisi duduk sesering mungkin untuk mencegah sakit punggung. Bisa juga dengan mengganjal punggung dengan bantal agar lebih nyaman saat di perjalanan.

  • Pemanasan (Stretching)

Salah satu hal yang bisa dilakukan juga yaitu stretching ringan pada bahu dan leher. Caranya angkat kepala ke belakang hingga mata menghadap ke atas. Tahan posisi ini sekitar 20 detik. Kamu bisa melakukan gerakan ini lima kali agar leher     lebih rileks. Kemudian lakukan peregangan pada bahu dengan mengangkat ke dua tangan ke arah luar. Lepaskan peregangan bila sudah merasa sakit atau tidak nyaman.


Author image
Jakarta Website