Tebengan Blog

4 Innovasi Untuk Mengurangi Kemacetan

Kemacetan adalah salah satu permasalahan yang selalu dihadapi banyak kota besar di dunia dan Indonesia seperti New York, London, Berlin, Jakarta, Surabaya dan lain-lain. Berbagai cara telah dilakukan pemerintah kota setempat untuk mengurangi atau setidaknya mengurai kemacetan. Seiring berkembangnya teknologi, inovasi untuk mengurangi kemacetan di kota besar semakin beragam dan canggih. Berikut adalah 5 inovasi yang sukses dipakai untuk mengurangi kemacetan di beberapa kota besar di Dunia.

  1. Electronic Road Pricing (ERP) Electronoc Road Pricing (ERP), atau dikenal juga Sistem Jalan Berbayar, adalah inovasi yang telah banyak dipakai di beberapa kota besar di dunia untuk mengurangi kemacetan seperti di Singapura. Cara kerja teknologi ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan sistem jalan tol. Perbedaannya adalah penggunaan teknologi kamera elektronik yang mampu melakukan pemindaian (scanning) alat yang dipasang di dalam mobil (On-Board Unit). Kamera elektronik ini dipasang di jalan utama dalam kota selain jalan tol. Sehingga kendaraan harus membayar setiap melewati jalan tersebut. Teknologi ini tergolong efektif mengurangi kemacetan karena memaksa pemilik kendaraan mengeluarkan biaya lebih ketika melewati jalan-jalan yang dipasangi alat ERP. Sehingga mereka harus mencari jalur alternatif atau menggunakan kendaraan umum untuk sampai ke tempat tujuan.
  2. Intellegent Transportation System (ITS) Teknologi pintar ini telah dipakai di banyak kota besar dunia seperti Tokyo dan London. Beberapa kota di Indonesia seperti Bandung dan Surabaya juga sudah memakai Intellegent Transportation System (ITS) sebagai salah satu solusi mengurai kemacetan. Teknologi ini bekerja dengan mengumpulkan data sensor-sensor yang disebar di beberapa ruas jalan utama. Data tersebut diolah di dalam ruang kontrol (control room). Petugas yang bekerja di ruang kontrol akan menganalisis data yang diolah dan membuat keputusan terkait rekayasa lalu lintas, pengaturan timer lampu lalu lintas dan sebagainya. Berbeda dengan ERP, ITS bekerja membantu petugas kepolisian atau departemen perhubungan untuk memberikan rekomendasi untuk pengaturan lalu lintas secara real-time.
  3. Autonomous Vehicle Technology Autonomous Vehicle Technology (Teknologi Kendaraan Otomatis) adalah inovasi yang sedang dikembangkan banyak pabrikan mobil untuk masa depan. Inovasi ini memungkinkan mobil yang berjalan tanpa pengemudi. Pabrikan seperti Volvo, Lexus dan Mercedes-Benz telah beberapa kali melakukan ujicoba inovasi ini di jalan raya. Kendaraan otomatis ini menggunakan berbagai sensor untuk mendeteksi situasi disekitar kendaraan seperti rintangan lalu lintas, laju kendaraan lain, kontur jalanan dan lain-lain. Sensor-sensor tersebut kemudian mengolah data dan dengan inovasi Artificial Intellegent (AI) yang tertanam di dalamnya, kendaraan dapat "berpikir" dan menentukan ke arah mana ia akan berjalan. Dengan inovasi ini, diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan dan kemacetan yang sering terjadi karena faktor manusia.
  4. Ride Sharing Application Car Sharing adalah konsep yang saat ini sedang berkembang di beberapa kota di dunia. Di Eropa, konsep car sharing sangat digandrungi oleh masyarakat sebagai solusi transportasi jarak dekat maupun jarak jauh. Dengan konsep ini, pemilik kendaraan yang akan melakukan perjalanan menawarkan kursi kosong pada orang lain. Selama perjalanan, pengemudi dan penumpang akan berbagi biaya perjalanan secara adil. Konsep ini cukup ampuh mengurangi kemacetan. Konsep ini sebenarnya cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan nama tebengan. Konsep tebengan semakin booming di era internet saat ini dengan munculnya berbagai aplikasi yang memudahkan penggunanya untuk menawarkan kursi kosong tersebut. Salah satunya adalah aplikasi Tebengan. Dengan aplikasi Tebengan, pengemudi bisa dengan secara online menawarkan kursi kosong pada orang lain yang searah dengan mudah. Dilengkapi dengan fitur in app chat, Tebengan memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan nyaman dalam menentukan tarif dan lokasi keberangkatan.

Saat ini Tebengan sedang mengadakan promo Selfie Ride Challenge. Kamu bisa mendapatkan smartphone Oppo F9 dan Vivo V11 dengan mengikuti challenge ini. Caranya gampang banget. Yaitu dengan ikut perjalanan yang ada di aplikasi Tebengan, selfie dengan Teman Tebengan dan upload ke Instagram. Challenge ini berlangsung sampai tanggal 10 November 2018. Info lebih lengkap bisa kamu dapatkan dengan klik disini.


Author image
Jakarta Website