Tebengan Blog

5 Hal yang Perlu Kamu Persiapkan Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh Via Darat

It’s road trip time! Umumnya, road trip dilakukan melalui perjalanan darat menggunakan mobil. Meskipun seru, tidak bisa dipungkiri kalau road trip cukup melelahkan, apalagi jika kamu terjebak macet. Namun, jangan biarkan perasaan bad mood mengganggu perjalanan kamu. Selama kamu mempersiapkan beberapa hal penting berikut ini, kamu bisa lebih menikmati road trip walaupun jaraknya jauh sekali pun.  

Kondisi Mobil

Hal pertama yang sangat penting untuk kamu cek sebelum melakukan perjalanan jauh via darat adalah kondisi mobil. Bahkan bila perlu, bawa saja mobil kamu ke bengkel terdekat, terlebih jika kamu kurang begitu paham mengenai mesin. Beberapa komponen yang wajib kamu cek adalah oli, rem, mesin, roda, dan air bag.Mempersiapkan kondisi mobil dalam keadaan prima merupakan hal yang krusial karena tidak hanya berpengaruh terhadap kenyamanan perjalanan, tapi juga keselamatan kamu. Jadi, jangan remehkan hal ini, ya.

Makanan dan Minuman yang Cukup

Perjalanan yang jauh biasanya akan membuat perutmu lapar, apalagi jika rute yang kamu tempuh ternyata mengalami kemacetan. Kamu memang bisa berhenti di restoran atau supermarket untuk membeli makanan. Namun, apa kamu yakin kamu bisa menemukannya dengan mudah di tengah perjalanan nanti?Daripada bergantung pada hal yang tidak pasti, sebaiknya kamu membawa bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah. Bawalah makanan dan minuman yang praktis seperti roti kemasan, biskuit, susu kotak, dan air mineral dalam botol.

Kopi atau Permen Kopi

Dengan jarak perjalanan yang begitu jauh, wajar apabila kamu tiba-tiba merasa mengantuk. Kalau kamu sedang tidak menyetir, tidak masalah jika kamu langsung tidur dan beristirahat. Namun, bagaimana kalau kamu kebagian tugas menyetir dan kondisi sedang tidak memungkinkan untuk berhenti?Nah, kamu bisa coba menghalau kantuk dengan minum kopi atau makan permen rasa kopi.

Selain itu, pastikan saat menyetir kamu juga ditemani oleh orang lain sehingga ada teman mengobrol. Hal satu ini tidak akan perlu kamu pusingkan jika menggunakan Tebengan. Cukup download aplikasi Tebengan di smartphone dan atur jadwal perjalanan hingga maksimal tiga hari sebelum keberangkatan. Perjalanan kamu dijamin akan semakin berkesan!

Install Aplikasi Peta

Beruntung kalau kamu merupakan orang yang hafal jalan atau mungkin sudah pernah melalui rute tersebut sebelumnya. Namun, jika memang belum terlalu yakin, berjaga-jagalah mengunduh aplikasi peta atau GPS di dalam smartphone kamu.Bahkan jika seandainya kamu sudah hafal dengan rute menuju tujuan, hal ini tetap penting dilakukan untuk mengantisipasi apabila kamu mendadak harus mengubah rute perjalanan. Misalnya, ternyata rute yang biasa kamu lalui sedang macet total. Menggunakan GPS, kamu bisa mencari jalan alternatif daripada harus terjebak kemacetan selama berjam-jam.

Charger Mobil atau Powerbank

Aplikasi GPS yang kamu gunakan kemungkinan besar ada di dalam smartphone, bukan? Dengan GPS yang terus aktif sepanjang perjalanan, bisa-bisa baterai smartphone kamu habis sebelum sampai tujuan. Karenanya, jangan lupa siapkan charger smartphone yang bisa dipasang di dalam mobil agar kamu bisa mengisi dayanya.Penumpang lain juga pasti akan membutuhkan alat ini karena mereka kemungkinan besar menghabiskan waktu di perjalanan dengan bermain smartphone. Namun, jika tidak punya charger mobil, powerbank juga dapat menjadi alternatif yang oke.

Kotak P3K

Kamu tidak tahu apa yang terjadi selama perjalanan nanti. Meskipun kamu berangkat dalam kondisi fit, siapa yang bisa memprediksi jika misalnya di tengah jalan nanti kamu mendadak merasa tidak enak badan? Selain itu, perjalanan jauh via darat juga biasanya kerap membuat penumpang merasa mual.Oleh sebab itu, selalu sediakan kotak P3K di dalam mobil kamu. Isi dengan obat-obatan darurat seperti obat sakit kepala, minyak kayu putih, balsem, kompres penurun panas, hingga perban dan obat merah.

Selain berbagai hal di atas, pastikan juga kamu menyiapkan fisik yang prima sebelum melakukan perjalanan jauh, ya. Beristirahatlah yang cukup agar kamu bisa menikmati perjalanan. Be careful!


Author image
Jakarta Website