Tebengan Blog

5 Pengeluaran Terbesar yang Tidak Disadari Karyawan Kantoran

Kamu sebagai karyawan kantoran sering merasa pengeluaran bulananmu tidak terkontrol dengan baik atau bahkan melebihi penghasilanmu? Padahal kamu sudah merencanakan anggaran bulananmu. Sebaiknya kamu mulai aware, bahwa kamu sebenarnya sering melakukan pengeluaran yang tidak disadari.Seperti apa sih pengeluaran tidak disadari itu? Maksudnya adalah pengeluaran yang sebenarnya bisa diminimalisasi, namun tetap dibiarkan karena tidak terasa dampak jangka pendeknya. Dan lama-kelamaan terakumulasi menjadi nominal yang besar. Berikut ini ada lima pengeluaran terbesar yang tidak disadari karyawan kantoran yang harus kamu tahu.

Kebanyakan berbelanja di convenience store
Convenience store kini sudah menjamur dan ada di hampir semua sudut kota. Toko-toko seperti ini memang banyak menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga sehingga pasti akan membuat banyak orang nyaman berbelanja di sini. Lama kelamaan keinginan belanja itu semakin kuat dan sulit ditinggalkan.
Terlalu sering berbelanja di convenience store adalah salah satu pengeluaran terbesar yang tidak disadari, mulai dari membeli barang di luar kebutuhan atau hanya sekedar keinginan, biaya keluar-masuk parkir, dan masih banyak lagi. Jadi kalau kamu ingin mengurangi pengeluaran yang tidak disadari itu, mulai sekarang kurangilah berbelanja di convenience store.

Tagihan internet
Melansir dari merdeka.com, tagihan internet dan telepon adalah salah satu pengeluaran terbesar yang tak disadari oleh karyawan kantoran. Memang untuk menjalankan banyak tugas dan bertukar informasi dengan rekan kerja mengharuskan kamu untuk terus-terusan mengakses internet atau menelpon mereka. Tapi, kalau hal seperti ini tidak diperketat penggunaannya, hanya akan membuatmu merogoh kocek lebih dalam tanpa disadari. Mulailah untuk membatasi waktu dan volume data yang kamu gunakan untuk mengakses internet agar tagihan internetmu tidak memboroskan anggaranmu tanpa disadari.

Kurang cerdas dalam bertransportasi
Kalau kamu merasa sudah dengan baik menganggarkan pengeluaran dan pemasukan bulanan, tapi masih saja ada pengeluaran yang tidak disadari, bisa jadi itu karena kamu kurang cerdas dalam bertransportasi. Maksudnya adalah, kalau kamu selama ini menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, selalu ditumpangi sendirian, maka hal ini juga yang menjadi penyebab borosnya pengeluaranmu.
Sebenarnya kamu bisa lebih cerdas lagi dalam bertransportasi, salah satunya yakni dengan memberikan tumpangan kepada kenalan, kolega, atau siapa pun yang butuh sehingga kamu membagi sebagian uang bahan bakar dengan penumpang tersebut.
Kalau khawatir bagaimana cara menemukan orang yang tepat untuk ‘berbagi’ seat denganmu, kamu bisa memanfaatkan platform yang menyediakan jasa transportasi dengan kendaraan pribadi seperti aplikasi mobile Tebengan. Dengan Tebengan, banyak orang bisa berbagi tumpangan, menghemat bahan bakar sekaligus ruang di jalan, dan bisa berbagi informasi selama perjalanan.

Beli barang berkualitas buruk
Barang yang dijual dengan harga murah pasti bisa dengan sangat mudah memikat hati para calon pembelinya. Padahal belum tentu barang yang murah itu memiliki kualitas yang baik dan tahan lama. Membeli barang yang berkualitas buruk akan memaksamu untuk cepat mengganti barang tersebut dengan barang yang baru karena tidak awet. Sebuah pemborosan, bukan?
Nah, pengeluaran besar tak disadari semacam ini bisa kamu hindari dengan cara membeli barang yang berkualitas baik dan awet. Dengan begitu, kamu tidak perlu sering-sering mencari barang pengganti ketika barang tersebut rusak.

Sering makan di luar rumah
Terlalu sering makan di luar rumah memang asyik dan tidak membosankan, tapi menjadi salah satu pengeluaran besar yang tidak disadari oleh banyak karyawan kantoran. Makan di luar rumah bagi karyawan kantoran biasanya dilakukan pada saat makan siang di waktu istirahat kerja, tapi kalau dibarengi dengan makan malam di luar rumah juga, sebaiknya siapkan diri karena hal itu yang menyebabkan adanya pengeluaran yang tidak disadari bagi karyawan kantoran.

Intinya, kamu harus semakin mencermati setiap pengeluaran yang kamu lakukan dan cari tahu cara untuk mengoptimalisasikan pengeluaranmu dengan efisien. Semoga bermanfaat!


Author image
Jakarta Website