Tebengan Blog

5 Tips Traveling Nyaman Tanpa Bikin Bokek

Siapa yang tidak suka jalan-jalan ke luar kota atau luar negeri? Traveling bisa membuat tubuh dan pikiran kamu jadi jauh lebih fresh. Belum lagi kesempatan untuk berkenalan dengan orang-orang baru dan mempelajari budaya lokal di daerah tertentu. Sayangnya, niat traveling terkadang harus diurungkan karena biayanya yang dianggap terlalu mahal. Padahal, sebetulnya dengan melakukan beberapa tips khusus berikut ini, kamu tetap bisa traveling nyaman tanpa harus bokek, lho!

Beli Tiket Sejak Jauh-Jauh Hari

Semakin jauh jarak pembelian tiket akomodasi dengan jadwal keberangkatan, maka harga yang kamu dapatkan biasanya akan semakin murah. Kamu bisa memanfaatkan promo-promo atau travel fair yang biasanya diadakan oleh perusahaan maskapai penerbangan. Agar tidak ketinggalan informasi tentang promo atau travel fair tersebut, sebaiknya kamu berlangganan newsletter sehingga kamu akan langsung mendapatkan update begitu mereka akan mengadakan promo spesial.

Jangan Pergi Saat Musim Liburan

Jika memungkinkan, cobalah untuk traveling di luar musim liburan. Saat musim liburan atau high season, biasanya harga tiket pesawat dan penginapan akan meroket berkali-kali lipat. Selain itu, berbagai tempat wisata juga biasanya akan lebih padat dan ramai sehingga kamu kurang bisa leluasa menikmatinya.Karenanya, pilih tanggal di luar musim liburan untuk pergi traveling. Tentunya kamu harus mengajukan cuti terlebih dulu, ya. Tak hanya lebih murah, traveling saat low season juga memungkinkanmu untuk puas mengeksplor aneka tempat wisata karena tidak akan terlalu ramai.

Makan Enak VS Tidur Enak

Namanya juga traveling, pasti ada saat-saat di mana kamu harus melakukan kompromi terhadap diri sendiri. Nah, kompromi inilah yang juga bisa membantu kamu untuk traveling tanpa bokek. Coba tentukan prioritas antara dua pilihan berikut: tidur anak atau makan enak. Pilih salah satu saja, ya. Jika misalnya hari ini kamu sudah makan di kedai atau restoran yang enak dan berharga cukup tinggi, maka kamu harus mengirit biaya dan mencari penginapan yang murah.

Manfaatkan Layanan Ride-Sharing

Agar lebih hemat saat traveling, kamu juga bisa memanfaatkan layanan ridesharing seperti Tebengan. Dengan biaya yang lebih terjangkau, ongkos untuk transportasi selama traveling pun bisa ditekan. Selain itu, layanan Tebengan juga sangat mudah diakses melalui aplikasi mobile. Plus, kamu pun bakal berkesempatan untuk mendapatkan teman baru saat melakukan perjalanan bersama Tebengan. Tak perlu khawatir soal keamanan karena semua pengguna sudah terverifikasi berdasarkan SIM, KTP, media sosial, dan rating.

Maksimalkan Menjelajah di Satu Kota

Saat traveling, wajar kalau kamu ingin bisa menjelajahi banyak kota atau negara sekaligus. Namun, kamu tetap harus realistis. Jika kondisi bujet memang sedang terbatas, sebaiknya kamu menerapkan metode slow traveling agar biaya transportasi tidak membengkak.Artinya, cukup kunjungi satu kota atau negara saja, lalu maksimalkan berbagai tempat wisata yang ada di sana. Pasalnya, kalau kamu ingin mengunjungi banyak kota atau negara sekaligus, pasti kamu harus keluar lebih banyak biaya untuk transportasi.

Ikut Open Trip

Pernah terpikir untuk ikut open trip? Kalau belum, mungkin sekarang adalah saat yang tepat bagi kamu untuk mempertimbangkannya. Open trip adalah perjalanan atau traveling ke destinasi tertentu yang dibuka untuk umum dengan menerapkan prinsip sharing cost. Berkat prinsip ini, kamu pun bisa menghemat lebih banyak biaya untuk transportasi dan penginapan. Sebagai bonusnya, kamu bakal bertemu dan berkesempatan untuk mendapat banyak kenalan baru.

Jadi, siapa bilang traveling nyaman membutuhkan biaya yang super mahal? Dengan tips-tips yang tepat, kamu tetap bisa bepergian dengan aman dan nyaman tanpa harus buang-buang banyak uang. Happy traveling!


Author image
Jakarta Website