Tebengan Blog

5 Trik Agar Kamu Tidak Kena Tilang Saat Ganjil Genap

Aturan baru dari pemerintah Jakarta sedikit membuat warganya kesulitan. Pihak pemerintah memberlakukan aturan ganjil genap dalam rangka mengurangi jumlah kendaraan yang lewat selama satu hari untuk menghindari kemacetan. Namun, sayangnya warga menilai kebijakan ini agak merepotkan dan menyusahkan. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena trik berikut bisa membebaskanmu dari ancaman tilang ganjil genap.

Ingat tanggal
Peraturan plat kendaraan ganjil genap yang diberlakukan di jalanan ibu kota didasarkan pada tanggal. Jika hari tersebut merupakan tanggal ganjil, maka kendaraan yang boleh lewat adalah yang memiliki plat ganjil. Jika sedang genap, maka hanya mobil plat genap yang aman melenggang di jalanan ibu kota pada saat tersebut. Dengan aturan tersebut, cara paling mudah yang bisa kamu lakukan agar tidak salah membawa kendaraan dengan plat yang berbeda dari aturan ganjil genap yang sedang berlaku adalah dengan melihat tanggal setiap paginya. Jika kamu hampir bepergian setiap hari menggunakan kendaaraan seperti misalnya pergi ke kantor, jangan lupa untuk melihat kalender sebelum berangkat.

Cek lokasi di Google Maps
Pada saat gelaran Asian Games Jakarta – Palembang yang lalu, pemerintah bekerja sama dengan Google Maps untuk menunjukkan rute aturan ganjil genap. Kamu hanya tinggal memasukkan tempat tujuanmu, lalu terlihatlah kendaraan berplat ganjil atau genap yang boleh melewati jalan tersebut. Hal ini dinilai sangat membantu masyarakat untuk menentukan rute dan mendapat informasi plat mobil yang aman digunakan saat itu.

Perhatikan rute dan waktu
Untungnya, tidak semua ruas jalan di Jakarta diberlakukan aturan ganjil genap. Hanya beberapa ruas jalan saja yang dianggap sering terjadi kemacetan. Jika rute yang kamu lewati memberlakukan aturan ganjil genap, cari alternatif jalan yang bebas aturan tersebut. Triknya adalah kamu harus mencari tahu dan menghapal jalan mana saja yang memiliki aturan ganjil genap. Kamu bisa meminta bantuan aplikasi Google Maps untuk rute lain yang aman untuk dilalui.
Aturan ganjil genap juga tidak diberlakukan selama 24 jam penuh, hanya beberapa jam di waktu-waktu sibuk, yaitu 06:00-10:00 dan 16:00-20:00. Jika plat kendaraanmu sedang tidak sesuai, usahakan untuk tidak keluar di saat-saat ini. Kamu bisa menunggu sampai saat aturan ganjil genap selesai.

Memiliki dua kendaraan dengan plat berbeda
Cara yang satu ini bisa kamu lakukan agar tetap bisa bepergian apapun aturan ganjil genap yang diberlakukan pada hari tersebut. Jika hari itu aturan genap, maka kamu bisa memakai kendaraanmu yang memiliki plat nomor genap. Jika ganjil, tinggal pilih saja plat nomor kendaraanmu yang ganjil. Hal ini mungkin agak sedikit rumit, namun bisa membebaskanmu pergi keluar rumah dengan kendaraan pribadi.

Pakai Tebengan
Cara terakhir yang bisa kamu lakukan agar tetap bebas bepergian tanpa pusing memikirkan aturan ganjil genap adalah dengan mencari teman seperjalanan. Bisa saja dengan rekan kerja atau keluarga yang sedang ingin pergi ke tujuan yang sama. Namun, biasanya sangat sulit mencari orang yang akan pergi ke tempat yang sama. Nah, solusinya adalah kamu bisa memakai aplikasi Tebengan. Keuntungannya, kamu bisa mengatur jadwal perjalananmu sampai tiga hari sebelumnya. Jadi, kamu bisa membuat jadwal terlebih dahulu. Semua teman tebengan sudah terverifikasi berdasarkan KTP, SIM, serta media sosialnya. Jadi kamu tidak perlu khawatir bepergian dengan orang yang baru kamu temui.

Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi menghindari tilang ganjil genap yang diberlakukan. Terlebih, kamu juga bisa memilih kriteria teman seperjalanan melalui aplikasi Tebengan. Jadi, tidak hanya bebas dari tilang ganjil genap, kamu juga bisa mendapatkan teman bar


Author image
Jakarta Website