Tebengan Blog

6 Cara Ampuh Mengatur Uang Agar Tidak Bokek Saat Tanggal Tua

Krisis keuangan atau bokek di akhir bulan sudah sejak lama menjadi mimpi buruk bagi tiap orang. Memang sudah wajar jika kondisi keuangan akan semakin menurun seiring menuanya tanggal di kalender, setidaknya sampai adanya gajian atau pemasukan. Namun, bukan berarti kamu harus pasrah  akan bokek saat memasuki tanggal tua. Berikut ini ada beberapa cara ampuh mengatur keuangan agar kamu tidak bokek saat tanggal tua.

Buat rencana keuangan bulanan
Cara yang pertama ini memang cukup ampuh bagi sejuta umat agar mereka bisa survive di tanggal tua. Membuat rencana keuangan tiap bulan yang seimbang dan bijak akan menyelamatkan kondisi keuanganmu di akhir bulan. Dengan adanya rencana keuangan, kamu akan bisa mengeluarkan uang dengan lebih efektif dan terencana. Jangan khawatir jika awalnya rencana keuangan bulanan yang kamu buat tidak terlalu rinci, tapi setidaknya terencana jelas seberapa jumlah uang yang pasti kamu habiskan dalam waktu satu bulan tersebut.

Selalu hitung pengeluaran yang kecil
Tips yang satu ini sering dianggap sepele oleh banyak orang. Memang benar pengeluaran dengan nominal kecil tidak akan terasa seberat pengeluaran dalam nominal besar. Namun, justru pengeluaran kecil ini lebih sering dilakukan atau bahkan selalu dilakukan. Jika dijumlahkan, pengeluaran-pengeluaran kecil itu akan menghasilkan nominal yang lumayan besar dalam satu bulan. Jadi, jangan lupa untuk mencatat pengeluaran kecil yang kamu lakukan, bisa dengan menyimpan nota pembelian atau mencatatnya di catatan keuangan melalui aplikasi di smartphone kamu.

Hindari penarikan uang di ATM bank berbeda
Menarik uang di ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang berbeda bank akan dikenakan biaya administrasi atau operasional. Biaya tersebut umumnya sebesar Rp7.500 di Indonesia, namun yang menjadi masalah adalah biaya administrasi tidak tercantum pada struk penarikan tunai. Biaya yang luput dari pencatatan semacam ini bisa membuat kamu bokek saat tanggal tua. Tipsnya adalah lakukan penarikan uang di ATM bank yang sama. Apabila terpaksa menarik tunai di ATM yang berbeda, lakukan sejarang mungkin.

Membawa bekal makanan atau minuman sendiri
Membawa bekal makanan atau minuman sendiri memang agar merepotkan di awal, namun lama kelamaan akan semakin terasa praktis dan ekonomis tentunya. Ketika temanmu bingung ingin makan siang apa atau di mana, kamu sudah tidak perlu pusing-pusing memikirkan hal tersebut. Makanan atau minuman yang kamu sendiri juga lebih terjamin porsi dan higienisnya buatmu. Biasakan pula membawa botol minumanmu sendiri, setidaknya nanti kamu tidak perlu repot-repot membeli air mineral kemasan dan cukup mengisi ulang botol air minummu. Selain itu, dengan membawa botol minuman sendiri, kamu juga ikut melestarikan lingkungan dengan cara mengurangi konsumsi botol air mineral plastik.

Berhemat dalam transportasi
Kini perkembangan transportasi umum semakin membuktikan kehematan dan efisiensinya. Membawa kendaraan pribadi apalagi hanya sendiri hanya akan menghabiskan uang bulananmu untuk bensin dan menghabiskan tenaga di jalan. Bayangkan jika semua orang membawa kendaraan pribadi masing-masing di jalan, tidak heran jika terjadi kemacetan. Namun, kini dengan hadirnya platform seperti Tebengan yang menyediakan jasa transportasi menggunakan kendaraan pribadi, banyak orang bisa berbagi tumpangan dan menghemat bahan bakar sekaligus ruang di jalan. Selain kamu bisa ikut menumpang atau berbabagi seat kosong di kendaraanmu, kamu juga bisa berinteraksi dengan banyak orang baru yang perjalanannya searah denganmu. Tak hanya lebih hemat, kamu pun berkesempatan mendapat teman baru!

Sisihkan uang di awal bulan
Pastinya dengan merencanakan keuangan bulanan, kamu sudah tahu berapa biaya yang perlu kamu sisihkan untuk membayar aneka pengeluaran. Setelah itu, ketika kamu mendapat pemasukan di awal bulan, disarankan untuk langsung menyisihkan dana sejumlah pengeluaran wajibmu itu dan juga uang yang ingin kamu tabung. Dengan begitu, kamu bisa menghindari penggunaan uang berlebih di luar pengeluaran wajib bulananmu.

Meski wajar terjadi, bokek di tanggal tua tidak bisa dibiarkan begitu saja. Kamu bisa melakukan berbagai cara di atas untuk mengatur uang dan menghindari kondisi bokek tersebut. Semoga setelah ini kamu tak lagi mengalami yang namanya bokek di tanggal tua, ya!


Author image
Jakarta Website