Tebengan Blog

6 Resolusi Ramah Lingkungan yang Sebaiknya Kamu Terapkan pada 2019

Memasuki tahun baru 2019, tentunya kamu sudah punya sederet resolusi yang ingin diwujudkan. Termasuk resolusi ramah lingkungan guna menjaga kelestarian kehidupan di bumi. Resolusi ramah lingkungan di tahun 2019 penting untuk diperhatikan mengingat global warming sudah semakin menjadi-jadi di seluruh belahan dunia. Jadi, apa saja hal-hal yang bisa kamu tetapkan sebagai resolusi ramah lingkungan di tahun ini? Yuk, cari tahu sama-sama!

Matikan peralatan elektronik saat tidak digunakan Sebagian besar penggunaan listrik di Indonesia masih menggunakan batu bara yang diperoleh dari pembakaran energi fosil. Semakin kamu boros dalam menggunakan daya listrik, maka semakin tinggi pula angka polusi udara di sekitarmu. Oleh karena itu, mulai sekarang biasakan untuk mematikan peralatan elektronik seperti lampu, TV, AC, kipas angin, dan peralatan lainnya saat tidak digunakan.

Gunakan kran air seperlunya saja Selanjutnya, kamu juga harus menghemat penggunaan air. Meski tergolong sebagai sumber daya alam terbarukan, boros air mengakibatkan berkurangnya kesuburan tanah. Jadi, cobalah untuk menggunakan kran air seperlunya saja. Termasuk ketika mandi, sebaiknya gunakan air dari bak mandi daripada shower atau bathtub yang membuang air terlalu banyak. Matikan kran air setelah menggosok gigi atau mencuci piring dan pakaian.

Selalu membawa botol minum dan kotak makan dari rumah Buat kamu yang ingin berperan aktif dalam mengurangi penggunaan botol plastik dan sterofoam, mulai tahun 2019 ini biasakan diri untuk selalu membawa botol minum dan kotak makan dari rumah. Selain lebih menghemat pengeluaran sehari-hari, kamu juga bisa mencegah pencemaran lingkungan akibat penggunaan botol air minum kemasan serta makanan yang dikemas dalam wadah sterofoam ataupun plastik. Ingat, botol plastik dan wadah sterofoamsulit teruraikan dan akan mengendap di dalam tanah dalam kurun waktu yang sangat lama.

Sediakan kantong belanja sendiri Selain membawa botol minum dan kotak makan, kamu juga bisa membawa kantong belanja sendiri dari rumah. Manfaatkan totebag atau tas bingkisan yang biasa kamu peroleh dari hajatan tetangga untuk membawa barang-barang belanjaan. Dengan begitu, kamu bisa membantu mengurangi penggunaan kantong plastik yang dapat mencemari lingkungan dan mengurangi kesuburan tanah karena tidak dapat teruraikan di dalam tanah.

Mengurangi limbah kertas Hampir seluruh aktivitas di sekolah, kampus, dan kantor membutuhkan kertas untuk mencetak buku atau keperluan lainnya. Padahal hal ini akan meningkatkan penggunaan kertas yang diperoleh dari pohon. Untuk itu, kamu bisa beralih pada penggunaan buku digital atau pengiriman file melalui surat elektronik. Selain itu, penggunaan versi digital ini sebenarnya lebih aman dan tidak mudah hilang karena tersimpan pada perangkat elektronik.    

Meminimalisir penggunaan kendaraan pribadi Untuk mobilitas sehari-hari, kamu tentu membutuhkan kendaraan. Namun, polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor perlu dikurangi sesegera mungkin. Jika tidak, maka kualitas udara semakin menurun dan membahayakan kesehatan pernapasan manusia. Sebagai solusinya, kamu bisa menggunakan kendaraan umum yang telah disediakan oleh pemerintah maupun pihak swasta. Salah satunya ditawarkan oleh platform ridesharing dari Tebengan yang memungkinkan kamu mendapatkan teman baru di perjalanan dengan rute yang searah. Dengan menggunakan Tebengan, biaya transportasi yang perlu kamu sediakan pun menjadi lebih hemat. Hebatnya lagi, kamu bisa mengatur jadwal perjalanan hingga tiga hari sebelum keberangkatan. Soal keamanan tak perlu khawatir sebab seluruh pengguna Tebengan sudah terverifikasi berdasarkan KTP, SIM, media sosial hingga rating.

Yuk, jalani hidup dengan lebih ramah lingkungan di tahun 2019 ini!    


Author image
Jakarta Website