Tebengan Blog

Baru Mulai Kerja? Segera Lakukan 5 Hal Ini untuk Rapikan Keuangan

Bahagia setelah mulai bekerja? Kamu juga excited dengan gaji pertamamu? Semua orang juga merasakan semangat yang sama setelah baru mulai bekerja dan akan mendapatkan gaji pertama mereka. Namun, tidak jarang karena terlalu bersemanga,t mereka malah menggunakan gaji pertama tersebut secara berlebihan. Alhasil, kelola keuangan pun kacau. Untuk menyeimbangi semangat gaji pertamamu setelah mulai kerja, berikut ini ada beberapa rekomendasi tips bagi kamu agar bisa rapikan keuangan.

Rencanakan budget bulanan
Rencana keuangan bulanan sudah pasti hal wajib yang harus kamu buat dan pertimbangkan. Buat rancangan keuangan bulananmu secara jelas dan tertulis agar tidak lupa, serta hitung pengeluaran kebutuhan wajib bulananmu. Dengan begitu, kamu bisa seimbangkan antara pendapatan dan pengeluaranmu. Tidak suka atau ribet mencatat di buku atau kertas? Kamu bisa mencatat rencana keuangan bulanamu di smartphone dengan bantuan aplikasi finansial.

Tabung di awal dan sebanyak mungkin
Tabungan pastinya juga perlu kamu persiapkan untuk kepentingan di masa depan. Karena kamu sudah membuat rencana budget bulananmu, kamu pasti bisa menghitung berapa pemasukanmu yang tersisa setelah dikurangi budget bulananmu. Setelah itu, kamu harus langsung menyisihkan sisa gajimu tadi untuk dijadikan sebagai tabungan. Disarankan juga untuk menabung setidaknya 20% dari total gajimu, dan 80% gajimu untuk kebutuhan bulanan dan keinginanmu. Melansir dari Rappler, prinsip menabung dengan formula 20-80 ini pertama kali dikenalkan oleh pemikir manajemen bisnis berdasarah Rumania, Joseph M. Juran. Dari 80% gaji yang kamu dapat setelah menabung, sebagian besar akan digunakan untuk kebutuhan hingga separuhnya (50%), sedangkan 30% sisanya bisa kamu gunakan untuk keinginanmu atau investasi. Perlu diingat untuk menabung di awal bulan atau setelah gajian. Karena jika kamu menabung di akhir bulan, besar kemungkinan kamu akan menghabiskan sisa gajimu untuk hal lain sehingga tabungan pun terlupakan.

Catat dan minimalisir pengeluaran
Ketika kamu menggunakan gajimu untuk berbagai kebutuhan atau sekadar memenuhi keingian, biasakan untuk mencatat pengeluaran tersebut dengan nominal sekecil dan serinci apapun. Karena pengeluaran kecil yang tidak tercatat juga merupaan masalah yang semakin membesar ketika tanggal di kalender mulai menua. Minimalisasi pengeluaranmu, terutama di luar kebutuhan menabung dan kebutuhan pokok. ‘Pengereman’ pengeluaran ini juga efektif untuk membiasakan dirimu hidup hemat.

Berhemat dalam transportasi
Tentukan jalur dan jenis transportasi yang efektif dan efisien untuk berangkat dan pulang kerja. Jika kota tempatmu bekerja sering dilanda kemacetan, sebaiknya kamu naik kendaraan umum atau berkendara bersama keluarga atau kolega yang searah. Selain bisa menghilangkan kepenatan di jalan, kamu juga menyisakan ruang di jalan dan bisa berhemat bahan bakar. Kalau kamu tidak punya keluarga atau kolega yang searah dengan berangkat atau pulang kerjamu, bagaimana? Tenang, sekarang sudah ada platform Tebengan yang menyediakan jasa transportasi dengan kendaraan pribadi, di mana orang bisa berbagi tumpangan dan membagi ongkos bahan bakar. Selain kamu bisa ikut menumpang atau berbagi seat kosong di kendaraanmu, kamu juga bisa berinteraksi dengan banyak orang baru yang perjalanannya searang denganmu. Seru, bukan?

Bawa bekal makanan atau minuman sendiri
Membawa makanan dan minuman sendiri ke kantor memang agak merepotkan karena kamu harus menyiapkannya sebelum berangkat kerja. Tapi percayalah, kamu akan semakin terbiasa di kemudian hari. Makanan yang kamu siapkan sendiri dari tempat tinggal untuk dibawa ke kantor juga lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya. Selain itu, jangan lupa untuk membawa botol minumanmu sendiri. Tak hanya boros pengeluaran, sering membeli air mineral terutama dalam kemasan plastik juga akan mencemari lingkungan di sekitar kamu.

Menerima penghasilan sendiri dari memang cukup exciting, tapi jangan sampai kamu jadi boros. Lakukan beberapa tips di atas agar keuanganmu tetap rapi setelah kerja. Selamat mencoba!


Author image
Jakarta Website