Tebengan Blog

Hindari Macet Di Tol Cikampek, Gunakan Jalur Alternatif untuk Perjalananmu

Kemacetan di ruas Tol Cikampek, terlebih selama musim liburan, memang sudah bukan hal yang baru lagi bagi masyarakat yang tinggal di daerah ibu kota. Jalan yang menghubungkan wilayah Jakarta (Jabodetabek) dengan Cikampek ini umumnya digunakan oleh mereka yang hendak masuk atau keluar Jakarta dari sisi selatan dan timur. Meski didominasi dengan kendaraan pribadi, jalan Tol Cikampek juga dilalui oleh bus, truk, dan kendaraan berukuran besar lainnya.

Tak heran jika di musim liburan tiba, jalur Tol Cikampek selalu dipadati pengguna kendaraan roda empat atau lebih. Bahkan kemacetan di jalur ini bisa mencapai puluhan kilometer selama musim mudik lebaran. Untuk itulah, kamu disarankan menggunakan beberapa jalur alternatif berikut ini agar perjalanan lebih nyaman dan aman. Yuk, simak!

Jalur alternatif Tol Cikampek
Terkait dengan pengerjaan proyek Jalan Tol Layang (Elevated) Jakarta-Cikampek II, kamu bisa menggunakan jalur alternatif menuju Cikampek atau Cipularang dengan melewati jalan arteri setelah pintu keluar gerbang Tol Cikarang Barat. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan jalur Tol Cibitung setelah keluar dari gerbang  Tol Bekasi Barat. Sebaliknya, apabila kamu berencana menuju Jakarta dari Cikampek atau Cipularang, pilihlah jalur keluar gerbang Tol Karawang Barat. Lanjutkan perjalanan melewati jalan arteri dan kembali masuk gerbang Tol Cibatu atau Tol Cikarang Barat. Namun, kamu juga bisa melalui pintu keluar gerbang Tol Cibitung melalui jalan arteri dan kembali masuk di gerbang Tol Bekasi Barat.
Tenang saja, kamu bisa memanfaatkan jalur alternatif sepanjang Kalimalang – Cibitung, setelah Jalan KH. Noer Ali maupun Jalan Ahmad Yani Bekasi dan kemudian lanjutkan perjalanan melewati Jalan Juanda Bekasi ke arah timur.

Gunakan moda transportasi umum lain
Apabila kemacetan Tol Cikampek sudah tidak bisa ditoleransi lagi, kamu bisa beralih menggunakan moda transportasi umum lainnya. Kereta api, misalnya, untuk perjalanan menuju Bandung dari ibu kota Jakarta atau berlaku sebaliknya. Pilihan transportasi jenis lainnya ini dapat dijadikan alternatif terakhir jika jalur Tol Cikampek beserta jalur alternatifnya tetap dipadati oleh pengguna kendaraan bermotor.

Perhatikan waktu berkendara
Untuk bisa melewati jalan Tol Cikampek tanpa terjebak kemacetan, sebaiknya kamu perlu kembali memperhatikan waktu berkendara itu sendiri. Pasalnya, pengerjaan proyek Jalan Tol Layang (Elevated) Jakarta-Cikampek II dimulai pukul 22:00 – 05:00 WIB. Pastikan jika kamu memilih jalur alternatif lain apabila berencana melakukan perjalanan pada waktu pengerjaan konstruksi tersebut. Hal ini penting untuk diperhatikan demi kenyamanan dan keamanan diri sendiri selama berkendara, bukan?

Kini semakin banyak platform yang menyediakan jasa transportasi online dengan menggunakan kendaraan pribadi. Salah satunya dengan cara share-riding sehingga kamu bisa menghemat bahan bakar sekaligus ruang di jalan dan bisa berbagi informasi selama perjalanan. Selain kamu bisa ikut menumpang atau berbagi seat kosong di kendaraanmu, kamu juga bisa berinteraksi dengan banyak orang baru yang perjalanannya searang denganmu. Kamu bisa merasakan pengalaman yang serupa dengan aplikasi mobile Tebengan.

Tak perlu khawatir soal keamanan, seluruh pengguna aplikasi Tebengan sudah terverifikasi berdasarkan kartu identitas, nomor handphone, media sosial, dan rating yang didapatkan dari pengguna lainnya. Pemesanan via Tebengan bisa dilakukan hingga tiga hari sebelum keberangkatan lho! Jadi, tunggu apa lagi? Coba dan rasakan sendiri pengalaman seru bersama teman seperjalanan baru yang bisa kamu dapatkan melalui platform Tebengan.


Author image
Jakarta Website